Visi dan Misi MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri

MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri Mencetak Generasi Bangsa yang Beriman Bertakwa dan Tinggi Akhlak, Ilmu IMTAQ dan IPTEK.

Visi dan Misi MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri

MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri Mencetak Generasi Bangsa yang Beriman Bertakwa dan Tinggi Akhlak, Ilmu IMTAQ dan IPTEK.

Visi dan Misi MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri

MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri Mencetak Generasi Bangsa yang Beriman Bertakwa dan Tinggi Akhlak, Ilmu IMTAQ dan IPTEK.

Visi dan Misi MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri

MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri Mencetak Generasi Bangsa yang Beriman Bertakwa dan Tinggi Akhlak, Ilmu IMTAQ dan IPTEK.

Visi dan Misi MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri

MI Nurul Ulum Jerukwangi Kandangan Kediri Mencetak Generasi Bangsa yang Beriman Bertakwa dan Tinggi Akhlak, Ilmu IMTAQ dan IPTEK.

31 Okt 2012

Link tunas 63

Pembelajaran kooperatif 


A. Pengertian Kooperatif


Pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem yang didasarkan pada alasan bahwa manusia sebagai makhluk individu yang berbeda satu sama lain sehingga konsekuensi logisnya manusia harus menjadi makhluk sosial, makhluk yang berinteraksi dengan sesama (Nurhadi 2003: 60)



Abdurrahman dan Bintoro (2000) dalam Nurhadi 2003 : 61 menyatakan
Pembelajaran kooperatif adalah suatu sistem yang di dalamnya terdapat elemen-elemen yang saling terkait. Adapun berbagai elemen dalam pembelajaran kooperatif adalah adanya (1) saling ketergantungan positif, (2) interaksi tatap muka, (3) akuntabilitas individual, dan (4) keterampilan untuk menjalin hubungan antara pribadi atau keterampilan sosial yang secara sengaja diajarkan.

Roger dan David Johnson mengatakan bahwa tidak semua kerja kelompok bisa dianggap coopartive learning. Untuk mencapai hasil yang maksimal, lima unsur model pembelajarangotong royong harus diterapkan :

  1. Evaluasi proses kelompok (Anita Lie, 1999 : 30)

Model pembelajaran kooperatif sangat berbeda dengan pengajaran langsung. Di sampingmodel pembelajaran kooperatif dikembangkan untuk mencapai hasil belajar akademik, model pembelajaran kooperatif juga efektif untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa (Usman, 2002 : 30).

Jadi pola belajar kelompok dengan cara kerjasama antar siswa dapat mendorong timbulnya gagasan yang lebih bermutu dan meningkatkan kreativitas siswa, pembelajaran juga dapat mempertahankan nilai sosial bangsa Indonesia yang perlu dipertahankan. Ketergantungan timbal balik mereka memotivasi mereka untuk dapat bekerja lebih keras untuk keberhasilan mereka, hubungan kooperatif juga mendorong siswa untuk menghargai gagasan temannya bukan sebaliknya.

Adapun karakteristik pembelajaran kooperatif adalah :

Tujuan penting lain dari pembelajaran kooperatif adalah untuk mengajarkan kepada siswa keterampilan kerjasama dan kolaborasi. Keterampilan ini amat penting untuk dimiliki di dalam masyarakat di mana banyak kerja orang dewasa sebagian besar dilakukan dalam organisasi yang saling bergantungan satu sama lain dan di mana masyarakat secara budaya semakin beragam (Ibrahim, dkk, 2000 : 9).

Sedangkan menurut Linda Lungren (1994 : 120) dalam (Ibrahim, dkk. 2000 : 18) ada beberapa manfaat pembelajaran kooperatif bagi siswa dengan prestasi belajar yang rendah, yaitu:

Jadi, pembelajaran kooperatif mencerminkan pandangan bahwa manusia belajar dari pengalaman mereka dan partisipasi aktif dalam kelompok kecil membantu siswa belajar keterampilan sosial yang penting, sementara itu secara bersamaan mengembangkan sikap demokrasi dan keterampilan berpikir logis.


 

B.    Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Jigsaw telah dikembangkan dan diuji coba oleh Elliot Aronson dkk di Universitas Texas dan kemudian diadaptasi oleh Slaven dkk di Universitas Jhon Hopkins.

Dalam terapan tipe jigsaw, siswa dibagi menjadi berkelompok dengan lima atau enam anggota kelompok belajar heterogen. Materi pelajaran diberikan pada siswa dalam bentuk teks. Setiap anggota bertanggungjawab untuk mempelajari bagian tertentu bahan yang diberikan. Anggota dari kelompok yang lain mendapat tugas topik yang sama berkumpul dan berdiskusi tentang topik tersebut. Kelompok ini disebut dengan kelompok ahli (Ibrahim, dkk. 2000 : 52).

Langkah-langkah model jigsaw dibagi menjadi enam tahapan, yaitu :

Berdasarkan pendapat di atas dapat dijelaskan bahwa :

Beberapa aspek dari tujuan dan motivasi siswa tidak berbeda untuk pembelajaran model jigsaw. Guru yang berhasil memulai pelajaran dengan menelaah ulang, menjelaskan tujuan mereka dengan bahasa yang mudah dipahami, dengan menunjukkan bagaimana pelajaran itu terkait dengan pelajaran sebelumnya.

Menyajikan informasi verbal secara jelas kepada siswa dan memberikan petunjuk bagaimana melakukannya. Petunjuk itu tidak akan diulang di sini. Bagaimanapun juga, penting untuk menggarisbawahi suatu perhatian singkat tentang penggunaan buku teks.

Dalam pembelajaran kooperatif, guru harus hati-hati dengan cara menilai yang diterapkan di luar sistem penilaian mingguan yang baru diuraikan di atas. Konsisten dengan konsep struktur penghargaan kooperatif adalah penting bagi guru untuk menghargai hasil kelompok dua-duanya hasil akhir dan perilaku kooperatif yang menghasilkan suatu solusi dilema ini dengan memberikan dua evaluasi bagi siswa, satu untuk upaya kelompok dan satu untuk setiap sumbangan seseorang individu.


Dalam pelaksanaannya, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki kelebihan dan kekurangan, di antara kelebihannya, yaitu:


 

Sedangkan kekurangannya, yaitu :


 

C.    Pembelajaran Kooperatif Tipe  Student Team Achievement Division (STAD)


Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division), tipe ini dikembangkan pertama kali oleh Robert Slavin dan teman-temannya di Universitas John Hopkins dan merupakan model 
pembelajaran kooperatif paling sederhana (Ibrahim dkk, 2000 : 6). Masing-masing kelompok memiliki kemampuan akademik yang heterogen (Depelovment MA Project, 2002 : 31), sehingga dalam satu kelompok akan terdapat satu siswa berkemampuan tinggi, dua orang kemampuan sedang dan satu siswa lagi berkemampuan rendah.

Para guru pengguna metode STAD untuk mengajarkan informasi akademik baru kepada siswa setiap minggu, baik melalui pengajian verbal maupun tertulis (Ibrahim, dkk, 2000 : 20).

Kelebihan dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah:

Sedangkan kekurangan pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah:

Mudah mudahan materi Pembelajaran kooperatif ini dapat membantu anda 

Tunas63

Kalender Pendidikan 2012/2013

Posted on 17 Mei 2012 by Kak Ichsan

 
 

 
 

 
 

 
 

 
 

 
 

50 Votes


 

Berikut kalender pendidikan tahun pelajaran 2012/2013 untuk jenjang TK/TKLB/RA, SD/SDLB/MI, SMP/SMPLB/MTs. SMA/SMALB/MA/SMK dan sederajat provinsi Jawa Timur.

Hari Efektif

Semester I

: 106 hari

Semester II

: 139 hari

Hari belajar Efektif Fakultatif

: 18 hari

  

Hari Libur

 

Libur Semester  I

: 10 hari ( 24 Desember 2012 s.d 5 Januari 2013)

Libur Semester II

: 18 hari (24 Juni s.d. 13 Juli 2013)

Libur Hari Besar

1 Januari 2013

:

Tahun Baru Masehi

24 Januari 2013

:

Maulid Nabi Muhammad SAW

10 Februari 2013

:

Tahun Baru Imlek 2563

12 Maret 2013

:

Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1935

29 Maret 2013

:

Wafat Isa Al-Masih

9 Mei 2013

:

Kenaikan  Isa Almasih

25 Mei 2013

:

Hari Raya Waisak 2567

6 Juni 2013

:

Isro' Mikroj 1434 H

17 Agustus 2012

:

Proklamasi Kemerdekaan RI

19-20 Agustus 2012

:

Hari Raya Idul Fitri 1433 H

26 Oktober 2012

:

Hari Raya Idhul Adha 1433 H

15 November 2012

:

Tahun Baru Hijriah 1434 H

25 Desember 2012

:

Hari Raya Natal


 


 

Sumber : http://tunas63.com

ZARINA PUTRI RAHMA DANI KLS 6

ALAM DESAKU

Itulah alam desaku yang permai Sawah mulai menguning

Mentari menyambut datangnya pagi

Ayam berkokok bersahutan

Petani bersian hendak ke sawah

Padi yang kuning

Siap untuk di panen

Petani bersuka ria

Beramai-ramai memotong padi

Gemericik air di sungai

Begitu jernihnya

Bagaikan zamrud khatulistiwa


 

BY:ZARINA PUTRI RAHMADHANI

ROIS KHOIRINIYAH KLS 6

Karangan bunga


 

Tiga anak kecil

Dalam langkah malu malu

Datang ke salemba

Sore itu

Ini dari kami bertiga

Pita hitam pada karangan bunga

Sebab kami ikut berduka

Bagi kakak yang di tembak mati

Siang tadi


 

By : rois khoiriniyah kls 6

NARRISAH PUTRI RAMADHANI KLS 6

PANCARAN HIDUP

Di pagi hari

Aku berangkat bekerja

Tanmpak olehku seorang lelaki

Mengorek-orek tong mencari nasi

Sepintas hatiku sedih

Terasa miskin badan sendiri

Ditengah kekayaan negeri raya

Awak menjadi peminta-minta

Lalu mataku menoleh kebadannya

Tampak tegap – tegup semata

Tiada cacat membuat celaka

Hatiku marah

Orang begini tak perlu dikasihani

Didunia Allah penuh rezeki

Ia tinggal bermalas diri

Narisa putri rahma dhani kls 6

NANDA AGUNG SETYA BUDI KLS 6

PENGEMIS TUA


 

Matanya telah rabun

Jalan meraba raba

Dengan tongkatnya

dimana cucu tersayangmu

Mereka tiada padaku

Sendiri tubuh ini

Begitu nasipku


 

BY : NANDA AGUNG SETYA BUDI KLS 6

M. FANY SARIFUDIN KLS 6

SALJU

Mencari matahari

Ketika salju turun

Pohon kehilangan daun

Kemanakah jalan

Mencari lindungan

Ketika tubuh kuyub

Dan pintu tertutup

Kemanakah lari

Mencari api

Ketika bara hati

Padam tak berarti

Kemanakah pergi

Kemanakah pergi

Selain mencuci diri

By:M FANY SARI FUDIN KLS 6

LAILATUS SA’DIYAH KLS 6

KUPU-KUPU

Kupu-Kupu alangkah elok warnamu

Terbang kesana kemari menghisap madu

Oh...... kupu-kupu betapa indah sayap mu

Andai aku bisa menangkap mu oh... kupu-kupu


 

Kupu – kupu betapa senang hatiku melihatmu

Andai aku menjadimu pasti aku terbang tinggi

Diatas langit terimakasih oh........kupu –kupu.


 

Nama : laila tus sak diyah

Kls 6

DELA FITRIA CAHYANI KLS 6


 

BUNGA MAWAR


 

Bunga mawar sangatlah anggun

Tumbuh ditaman berumpu -rumpu

Kusiram engkau setiap hari

Supaya segar berdaun rimbun


 

Batangmu berduri -duri

Dengan aroma yang semerbak wangimu

Bila datang lebah bertamu

Dia akan menyerap madumu


 

By : Dela Fitria Cahyani Kelas VI

ELVA DWI INTANSARI KLS 6

BURUNG CENDRAWASIH

oh.........burung cendrawasih

bulumu berwarna warni

bagaikan pelangi dan bintang

suaramu merdu

bagaikan penyanyi

bulumu yang bagus dan indah

oh ................. burung cenrdawasih

kau membuatku bahagia

kau dapat kupandang

setiap pagi dan sore hari

tanpamu aku menjadi sedih

terima kasih .............. burung cendrawasih

BY : ELVA DWI INTAN SARI KLS 6

23 Okt 2012

M. SOBIRIN KLS 5

PAHLAWAN

Kau rela berjuang

Demi negeri tercinta

Kau pertaruhkan jiwa dan raga

Merebut kemerdekaan indonesia

Aku bangga padamu

Pahlawaku. . .

Tanpa jasa dan pengorbanan

Bangsa ini takkan merdeka.

By :M.Shobirin Kelas 5


 

                        

    

REVALDY KURNIAWAN SB KLS 5

WANITA PALING MULIA

Kau wanita paling mulia

Di muka bumi ini

Walau engkau tak ada lagi

Tak ada yang bisa menggantikanmu


 

Bunda,engkaulah wanita yang mulia itu

Yang telah melahirkanku ke muka bumi

Yang telah membesarkan ku

Yang telah merawatku dengan sabar

Sungguh .

Bila kau tak ada aku sangat kehilangan

seorang wanita mulia yang kusayangi                            

Dan menyayangiku pula

Bunda ,

Kau memang wanita mulia,bunda

Surga-lah tempat yang pantas kau dapat

atas semua yang kau berikan padaku

by ;revaldy kurniawan surya bulantang

TIKA MAULIDA AGUSTIN 6


Bunga Melati

Bunga mungil bunga melati

Tumbuh ditaman berumpu – rumpu

Kusiram engkau setiap pagi

Supaya segar berdaun rimbun

Bunga kecil indah berseri

Kembanglah bertangkai – tagkai

Kucium wangimu harum sekali

Kelopak lembut segar terurai

Kupetik engkau pagi dan petang

Jadi hiasan ditaman kembang

Bila datang kumbang bertamu

Dia kan lihat putih wajahmu


 


 


 

By : TIKA MAULIDA AGUSTIN kelas 6

TUGAS 2


 

PAK TANI

Di kala fajar mulai terlihat

Enkau bekarja pagi sampai sore

Kau sudah menanami padi di sawah

Kau membajak sawah dengan perlahahan

Oh .... pak tani

Engkau sudah merawat sawahku

Dengan hati yang tulus

Di dadamu ada kejujuran



Untuk manjalani kehidupan

    
 

By ; zulham mahmudin


 

PUISI KARYA SISWA SISWI


 

BUNGA MAWAR


 

Bunga mawar sangatlah anggun

Tumbuh ditaman berumpu -rumpu

Kusiram engkau setiap hari

Supaya segar berdaun rimbun


 

Batangmu berduri -duri

Dengan aroma yang semerbak wangimu

Bila datang lebah bertamu

Dia akan menyerap madumu


 

By : Dela Fitria Cahyani Kelas VI

15 Okt 2012

UN 2013

 
 
 
 
 
 
i
 
1 Votes
Quantcast

Rencana kebijakan UN 2013 adalah dalam 1 kelas terdiri 20 peserta dengan 20 macam paket soal. Dan standar lulus, meningkat dari 5,5 menjadi 6. Alternatif lainnya, standar nilainya tetap 5,5 tetapi derajat kesulitan soal ditingkatkan.  Pada UN2012 proporsi tingkat kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasi pada tahun depan kemungkinan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar.
Pemerintah tetap berencana menyelenggarakan Ujian Nasional tahun depan. Sejumlah perubahan dilakukan, salah satunya 20 variasi soal, berbeda dengan UN tahun 2012 yang memiliki lima variasi soal.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, secara legal yuridis pelaksanaan UN ada dasar undang-undang dan peraturan pemerintahnya. Kemudian dari sisi akademik sampai bentuk soal pilihan ganda juga ada dasarnya. “Insya Allah tahun depan UN tetap dilakukan, tetapi ada beberapa perubahan,” katanya saat memberikan keterangan pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (11/10).
Jika pada tahun ini hanya ada lima macam variasi soal untuk 20 peserta didik dalam satu kelas, maka pada tahun depan disiapkan 20 macam variasi soal. “Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif. Kita ingin tingkatkan kekhusyukan peserta,” katanya.
Adapun terkait standar kelulusan, Mendikbud mengatakan, ada kemungkinan untuk meningkatkan dari 5,5 menjadi 6. Alternatif lainnya, standar nilainya tetap 5,5 tetapi derajat kesulitan soal ditingkatkan.  Pada tahun ini proporsi tingkat kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasi pada tahun depan kemungkinan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar. “Masih belum, akan kami matangkan bersama dengan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan). Pemikiran untuk meningkatkan ada, dengan kemungkinan tingkat kesulitan,” katanya.
Mendikbud menambahkan, seleksi penerimaan calon mahasiswa baru pada tahun depan dibagi menjadi tiga jalur. Sebanyak 50 persen akan menggunakan jalur undangan, 30 persen jalur ujian tertulis, dan 20 persen jalur mandiri. Mendikbud menyebutkan, nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) mahasiswa IPB yang diterima melalui jalur undangan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan signifikan.  “Melalui jalur undangan,  yang dipakai untuk menentukan kelulusan adalah nilai UN dan rapor.”
Ketua BSNP Muhammad Aman Wirakartakusumah mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan kisi-kisi soal UN dan diharapkan selesai pada November mendatang. Menurut dia, kisi-kisi soal UN tidak jauh berbeda dengan kisi-kisi soal tahun ini karena kisi-kisi tersebut dikembangkan dari standar isi. “Kisi-kisi hanya bersifat lebih operasional. Bank dari kisi-kisi sudah ada,” katanya. (PIH)
Sumber: http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/741

KEGIATAN PONDOK ROMADHON MI NURUL ULUM JERUKWANGI TAHUN 2012 / 2013
Dalam program mengisi kegiatan bulan ramadhan . MI Nurul Ulum Jerukwangi mengadakan kegiatan Pondok Romadhon yang di ikuti oleh siswa-siswi MI Nurul Ulum Jerukwangi semua jenjang.


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More