Contoh Evaluasi Diri Madrasah Bukti-Bukti Fisik Kelemahan : Tahapa Kurikulum Madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum Madrasah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama. Kurikulum Madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP. Kurikulum Madrasah kami disusun mengikuti panduan yang disusun BSNP namun masih memerlukan pengembangan. Kurikulum Madrasah kami belum sepenuhnya mengikuti panduan yang disusun BSNP. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Kurikulum Madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal. Kurikulum Madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran. Kurikulum Madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran. Kurikulum Madrasah kami disusun belum mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Struktur kurikulum Madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis untuk setiap peserta didik. Struktur kurikulum Madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan. Struktur kurikulum Madrasah kami kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan. Struktur kurikulum Madrasah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, serta program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik, baik yang terprogram dengan jelas maupun berdasarkan kasus per kasus sesuai kebutuhan peserta didik. Madrasah kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambu-ngan serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. Madrasah kami masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. Madrasah kami belum mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstra- kurikulernya. Madrasah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik. Madrasah kami menyediakan kegiatan ekstra-kurikuler tetapi belum mengakomodir semua kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik. Madrasah kami belum mampu memberikan kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik. Rekomendasi: Komponen Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP serta telah mempertimbangkan situasi dan kondisi Madrasah. Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP. Sebagian silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP. Silabus kami belum sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri yang berdampak pada peningkatan mutu peserta didik. Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok. Sebagian silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok. Silabus kami belum dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok. Rekomendasi: Madrasah perlu memfasilitasi dan memotivasi guru mereviu silabus setiap tahun Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan direview secara berkala untuk memastikan dampaknya pada peningkatan hasil belajar peserta didik. RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. Sebagian guru menyusun RPP sendiri untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran. Guru tidak menyusun RPP sendiri. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Taha RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik serta direview oleh para ahli. RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik. RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya. RPP tidak memperhatikan perbedaan individual peserta didik. Rekomendasi: Bukti Kelemahan : Buku Pegangan siswa 1 : 15 Tahapan Pengembangan Siswa Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan Madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar Madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta dapat mengakses Buku Madrasah Elektrnik (BSE) dan materi lain dari e-library Madrasah Siswa Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan Madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar Madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta dapat mengakses Buku Madrasah Elektrnik (BSE). Siswa Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri dan beberapa buku teks yang tersedia di perpustakaan Madrasah selama pelajaran berlangsung. Siswa Madrasah kami hanya menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis sumber dan media pembelajaran di Madrasah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar Madrasah dengan melibatkan siswa. Guru-guru kami menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik. Guru-guru kami sudah menggunakan sumber belajar lainnya selain buku pelajaran, namun hanya pada mata pelajaran tertentu. Guru-guru kami sepenuhnya hanya bergantung pada buku-buku pelajaran saja dalam melakukan proses pembelajaran. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya serta dijadikan acuan bagi guru-guru di Madrasah lainnya. Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya. Sebagian guru-guru kami sudah konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya. Guru-guru kami belum konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusunnya. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengemban Guru-guru kami tidak hanya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran. Guru-guru kami memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran. Guru-guru kami belum sepenuhnya konsisten memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran. Guru-guru kami belum memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran. Rekomendasi: Bukti Tahapan Pengembangan Proses pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran termasuk program tindak lanjut. Proses pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. Proses pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi hanya pada tahapan tertentu saja. Proses pembelajaran di Madrasah kami tidak disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Penge Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah, teman sejawat dan Pengawas serta melibatkan peserta didik. Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala oleh kepala Madrasah dan pengawas tetapi tidak ditindaklanjuti. Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran hanya dilakukan oleh pengawas. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi standar kompetensi kelulusan, percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi dalam berprestasi. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan dalam SKL. Peserta didik memperlihatkan prestasi belajar yang lebih baik, namun tidak konsisten. Hasil belajar peserta didik masih di bawah SKL. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Peserta didik kami mengembangkan keterampilan berpikir logis, kritis, dan analititis serta mengembangkan kreatifitas mereka. Peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri. Sebagian peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri. Peserta didik kami belum mampu menjadi pembelajar yang mandiri. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan P Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi, serta mampu mengekspresikan diri dalam mengungkapkan pendapat mereka dengan jelas dan santun. Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. Sebagian peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. Peserta didik belum memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan di Madrasah dan di tengah masyarakat luas. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan melakukan berbagai jenis kegiatan untuk keberhasilan pribadi dalam ruang lingkup yang lebih luas. Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah dan di tengah masyarakat luas, serta memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain. Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah dan di tengah masyarakat luas, akan tetapi mereka belum terlalu memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain. Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Potensi dan minat peserta didik kami telah berkembang secara penuh melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan serta memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika selain keterampilan. Madrasah kami menyediakan beragam kegiatan dan program keterampilan hidup sebagai bekal kehidupan di tengah-tengah masyarakat. Madrasah kami menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan minat peserta didik. Madrasah kami hanya menyediakan program pembelajaran yang terbatas dan belum bisa mengembangkan keterampilan lain yang dapat menjamin pencapaian potensi mereka secara penuh. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Peserta didik memahami dan menerapkan ajaran agama dan nilai-nilai budaya dalam kehidupan mereka sehari-hari secara konsisten baik di Madrasah maupun di tengah-tengah masyarakat. Peserta didik kami memahami ajaran agama dan nilai-nilai budaya serta mampu menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Peserta didik kami memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah mulai berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari hari. Peserta didik kami memiliki pengetahuan agama yang terbatas dan belum mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan P Jumlah pendidik di Madrasah kami sangat memadai untuk memberikan layanan pembelajaran dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Jumlah pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan Jumlah pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Jumlah pendidik di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki tenaga kependidikan dengan jumlah yang sangat memadai untuk memberikan layanan pendidikan dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Madrasah kami memiliki jumlah tenaga kependidikan yang memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Jumlah tenaga kependidikan di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Jumlah tenaga kependidikan di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: Bukti-B Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki pendidik dengan kualifikasi yang sangat memadai dari standar yang ditentukan untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Kualifikasi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Kualifikasi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan. Kualifikasi pendidik di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Kualifikasi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Kualifikasi tenaga kependidikan di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Kualifikasi tenaga kependidikan di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki pendidik dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Kompetensi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Kompetensi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Kompetensi pendidik di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. Kompetensi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Kompetensi tenaga kependidikan di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Kompetensi tenaga kependidikan di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan Rekomendasi: 2 Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki bangunan gedung yang ukuran, ventilasi, dan kelengkapan lainnya melebihi ketentuan dalam SNP. Madrasah kami memenuhi SNP terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya. Madrasah kami memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya. Madrasah kami belum memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Jumlah peserta didik di dalam rombongan belajar kami lebih kecil dari yang ditetapkan dalam SNP, agar dapat lebih meningkatkan mutu proses pembelajaran. Madrasah kami memenuhi SNP dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar. Madrasah kami memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar. Madrasah kami belum memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki alat dan sumber belajar yang melebihi dari ketetapan dalam SNP yang digunakan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran. Madrasah kami memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SNP. Madrasah kami memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM. Madrasah kami belum memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami dilaksanakan secara rutin melebihi waktu yang ditetapkan dalam SNP dan catatan pemeliharaan terekam dengan baik. Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami dilaksanakan secara berkala sesuai dengan SNP. Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami baru melakukan pemeliharaan rutin seperti kebersihan ruangan. Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami tidak dilaksanakan secara rutin. Sebagian gedung Madrasah kami di bawah standar, harus diperbaiki dan dibersihkan atau diganti. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Setiap orang yang datang ke Madrasah kami, selain warga Madrasah termasuk yang berkebutuhan khusus, dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dalam setiap bangunan yang ada. Bangunan di Madrasah kami aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus. Bangunan yang ada di Madrasah kami aman bagi peserta didik namun masih belum nyaman dan memberi kemudahan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus. Sebagian bangunan di Madrasah kami masih belum memenuhi standar keamanan dan kenyamanan bagi peserta didik, termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus. Rekomendasi: Komponen Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan secara buttom-up dan tersosialisikan kepada seluruh pemangku kepentingan serta direview secara berkala sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan Madrasah. Madrasah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dari seluruh warga Madrasah dan tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan. Madrasah kami memiliki visi dan misi namun belum dirumuskan secara secara bersama dan belum tersosialisasikan di seluruh warga Madrasah. Madrasah kami belum memiliki visi dan misi yang jelas yang dirumuskan bersama oleh warga Madrasah. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel serta mampu memunculkan potensi warga Madrasah untuk turut serta mengembangkan pengelolaan Madrasah. Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah secara mandiri, kemitraan, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel, Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah namun prosesnya belum sepenuhnya dilaksanakan secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel Madrasah kami belum mengembangkan pola kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi Madrasah dalam bentuk dokumen renstra dan RKS, yang berbasis analisis EDS/M dan di update secara berkala. Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKS yang berbasis hasil analisis EDS/M. Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKS. Madrasah kami memiliki dokumen rencana kerja tahunan namun belum memiliki renstra. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami sudah mensosialisa sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder Madrasah dalam berbagai kesempatan dan on-line di situs Madrasah. Madrasah kami sudah mensosialisa sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder Madrasah dalam rapat dinas. Madrasah kami sudah mensosialisa sikan dokumen rencana kerja namun hanya kepada pihak-pihak terbatas saja, misalnya kepada dinas pendidikan atau ketua yayasan. Madrasah kami belum mensosialisa sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder Madrasah. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembanga Rencana kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite Madrasah dan sudah tersosialisasi secara luas kepada seluruh pemangku kepentingan. Rencana kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite Madrasah namun belum tersosialisasi secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan. Rencana kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian namun tidak dalam bentuk dokumen yang mudah diakses oleh pihak terkait dan sosialisasinya masih sebatas dalam lingkup internal Madrasah. Madrasah belum memiliki Rencana kerja tahunan Madrasah dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan sesuai dengan Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami melakukan evaluasi diri dan mengkomunikasikan rencana pengembangan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan dinas pendidikan dan para pemangku kepentingan. Madrasah kami melakukan evaluasi diri untuk melihat dampak dari rencana pengembangan Madrasah terhadap peningkatan hasil belajar. Madrasah kami melakukan evaluasi diri namun baru dilakukan sebatas tim pengembang Madrasah dan belum melibatkan warga Madrasah. Madrasah kami belum melakukan evaluasi diri secara berkala dan berkelanjutan. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri serta disesuaikan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar. Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah namun belum didasarkan pada hasil evaluasi diri Madrasah. Madrasah kami belum mampu menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah kearah peningkatan hasil belajar. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif, efisien, dan akuntabel serta tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan dan terkoneksi secara online pada website Madrasah. Madrasah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif, efisien dan akuntabel dan sudah tersosialisaikan kepada seluruh pemangku kepentingan. Pengelolaan data di Madrasah kami berbasis ICT namun masih menggunakan program office yang sederhana dan belum berbasis website. Pengelolaan data di Madrasah kami belum berbasis ICT sehingga belum efektif dan efisien. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan P Madrasah kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga Madrasah dan pihak yang berkepentingan serta mudah diakses secara online melalui website Madrasah. Madrasah kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga Madrasah dan pihak yang berkepentingan. Madrasah kami menyediakan akses informasi untuk warga Madrasah namun belum ditunjang oleh sistem pembaharuan data. Madrasah kami belum menyediakan akses informasi yang mudah bagi warga Madrasah. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya secara berkelanjutan untuk meningkatkan efektifitas kinerja. Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya. Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan. Madrasah kami kurang memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional serta menyusun program perbaikan dan peningkatan yang berkelanjutan. Madrasah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional. Madrasah kami melakukan supervisi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan namun belum terprogram dengan baik. Madrasah kami belum melakukan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan secara berkala. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Warga Madrasah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis serta kegiatan pengembangan Madrasah pada umumnya. Warga Madrasah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis. Warga Madrasah terlibat langsung hanya pada kegiatan akademis. Warga Madrasah kami belum terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis dan memberikan kesempatan untuk berkreasi. Madrasah kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis. Madrasah kurang melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis. Madrasah kami sama sekali tidak melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah dengan melibatkan partisipasi komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang terkait. Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBS) merujuk pada Peraturan Pemerintah dan dikomunikasikan kepada komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang terkait. Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBS) merujuk pada Peraturan Pemerintah. Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBS) belum sepenuhnya merujuk pada Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Perumusan RAPBS melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan serta Dunia Usaha dan Dunia Industri. Perumusan RAPBS melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan Perumusan RAPBS melibatkan Komite Madrasah dan belum melibatkan pemangku kepentingan yang relevan Perumusan RAPBS belum melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisi Tahapan Pengembangan Penyusunan rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel kepada masyarakat dan Pemerintah. Penyusunan rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel. Penyusunan rencana keuangan Madrasah sudah berusaha dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel. Penyusunan rencana keuangan Madrasah belum dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara berkala dan menyeluruh kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara periodik kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan. Madrasah belum membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami kreatif menggali berbagai sumber untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Madrasah kami mendapatkan pembiayaan tambahan melalui pemanfaatan sarana dan prasarana Madrasah. Kami berencana untuk memperluas penggunaan sumber daya dan pra-sarana Madrasah untuk mendapatkan pembiaya-an tambahan tetapi kami belum mengimplemen-tasikannya. Kami belum mempertimbangkan penggunaan sumber daya atau prasarana Madrasah untuk mencari sumber pembiayaan tambahan. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Kami telah membangun jaringan kerja yang kuat dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat setempat yang membantu Madrasah kami dalam hal pembiayaan. Kami telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat, khususnya orangtua yang mampu untuk membantu Madrasah kami. Hubungan kami dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat harus dikembangkan lebih lanjut agar mendapatkan bantuan keuangan dari mereka. Kami belum memiliki hubungan yang kuat dengan dunia usaha dan dunia industri setempat. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Kami memelihara hubungan dengan alumni kami dan memberdayakan mereka sebagai sumber pendanaan dan bantuan lainnya. Kami memelihara hubungan dengan alumni dan mereka membantu upaya kami walaupun bukan dalam hal pembiayaan. Kami menyimpan catatan alumni dan sebagian dari mereka membantu Madrasah tetapi bukan dalam hal pembiayaan Kami belum menyimpan catatan alumni Madrasah kami. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus dan mempromosikan kesetaraan akses bagi semua peserta didik. Madrasah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Madrasah mampu melayani siswa dari tingkatan sosial ekonomi namun belum dapat melayani siswa yang berkebutuhan khusus. Madrasah belum mampu melayani semua siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Kami mematuhi standar mengenai biaya sumbangan orangtua dan subsidi silang pembiayaan dan juga memiliki alokasi khusus untuk memberikan tempat bagi anak yang sangat miskin dengan mencari sumber dana lainnya. Kami merumuskan besarnya sumbangan orangtua berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua dan menerapkan prinsip subsidi silang. Sumbangan orangtua dirumuskan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik, tetapi Madrasah tidak menerapkan subsidi silang dalam membiayai program kegiatan peserta didik. Sumbangan orangtua dan biaya kegiatan Madrasah lainnya ditentukan sama untuk semua peserta didik dengan tidak mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Guru-guru kami menyusun rencana penilaian terhadap hasil belajar peserta didik terhadap pencapaian kompetensi yang diharapkan dan diinformasikan kepada peserta didik sehingga setiap peserta didik memahami target kompetensi yang harus dicapai. Guru-guru kami menyusun dan mengembangkan perencanaan penilaian untuk mencapai kompetensi peserta didik. Sebagian Guru-guru kami menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi dasar dan standar kompetensi. Guru-guru kami melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik tanpa membuat perencanaan penilaian yang jelas terlebih dahulu. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Guru-guru kami menginformasikan silabus mata pelajaran yang didalam-nya memuat rancangan dan kriteria penilaian termasuk KKM dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, mata pelajaran dan kondisi Madrasah pada awal semester. Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk KKM yang disusun. Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik hanya KKM saja diawal semester. Guru-guru kami tidak memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian, termasuk KKM. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis metode untuk menilai kemajuan belajar peserta didik secara berkelanjutan dan mengembangkannya berdasarkan rencana yang telah dibuat sesuai dengan perkembangan peserta didiknya. Guru-guru kami selalu melaksanakan penilaian dan memantau kemajuan belajar peserta didik secara berkala sesuai dengan rencana yang telah dibuat pada silabus dan RPP. Guru-guru kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar tidak sesuai dengan rencana penilaian yang telah disusun. Guru-guru kami tidak menilai atau memonitor kemajuan peserta didik sesuai rencana. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Guru-guru kami membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian serta direview secara berkala. Guru-guru kami menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian sesuai dengan target kompetensi yang ingin diukur. Guru-guru kami hanya menerapkan teknik, bentuk, dan jenis penilaian tertentu untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik. Guru-guru kami hanya menerapkan satu teknik, bentuk dan jenis penilaian. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Semua guru kami secara rutin mencatat kemajuan setiap peserta didik memberi komentar dan masukan serta menginformasikanya kepada peserta didik secara individual dan berkala. Guru-guru kami mengkaji ulang tingkat kemajuan semua peserta didik pada setiap akhir semester. Setiap guru menyampaikan hasil Evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik kepada Kepala Madrasah pada akhir semester dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik. Guru tidak selalu memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Guru-guru kami memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk memberikan pendapat terhadap hasil pencapaian kemajuan belajar yang mereka peroleh dan terlibat dalam penetapan target pembelajaran. Guru-guru kami selalu menggunakan hasil penilaian peserta didik dalam mereview rencana pembelajaran yang telah disusun. Hasil tes digunakan sebagian guru-guru kami untuk merencanakan perbaikan bahan pembelajaran selanjutnya. Hasil tes di Madrasah kami tidak selalu berpengaruh pada perbaikan program pembelajaran yang telah disusun. Rekomendasi: Bukti-Bukti Fisik Tahapan Pengembangan Madrasah kami menyampaikan laporan semua hasil penilaian peserta didik kepada orangtua dan mendiskusikannya secara mendetail untuk masing-masing peserta didik secara berkala sesuai dengan kesepakatan Madrasah kami menyampaikan laporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk laporan pendidikan. Madrasah kami membuat laporan hasil penilaian kepada orangtua secara rutin dan sistematis dalam bentuk laporan pendidikan. Madrasah kami membuat laporan kepada orangtua berupa hasil penilaian akhir di setiap akhir semester. Rekomendasi: Bukti-B Tahapan Pengembangan Madrasah kami membuat laporan berkala pada orangtua mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik dan menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan kemajuan anak mereka serta mengajukan usulan-usulan peningkatan hasil belajar peserta didik. Madrasah kami menjalin kemitraan dengan orangtua dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Madrasah kami belum memberi kesempatan berdiskusi untuk membangun kerja sama dengan orangtua agar membantu anak mereka belajar di rumah. Madrasah kami belum melibatkan orangtua secara aktif dalam membantu anak mereka belajar di rumah. Rekomendasi:
STANDAR ISI
Komponen
Indikator
Kurikulum sudah sesuai dan relevan
Madrasah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik
ISI
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
n Pengembangan
Tahap ke-4
v
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Kurikulum sudah sesuai dan relevan
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Kurikulum sudah sesuai dan relevan
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
PROSES
Indikator
emotivasi peserta didik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Kekuatan :
Kelemahan :
Tahap ke-4
v
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Kekuatan :Kelemahan :
Tahap ke-4
Tahap ke-3
v
Tahap ke-2
Tahap ke-1
RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
pan Pengembangan
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
-Bukti Fisik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
menantang dan memotivasi peserta didik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
gan
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
-Bukti Fisik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
mbangan
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
Komponen
Indikator
Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat
s yang diharapkan
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
V
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
engembangan
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
eserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
eserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
V
Tahap ke-2
Tahap ke-1
eserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
V
Tahap ke-2
Tahap ke-1
STANDAR
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Komponen
Indikator
Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
engembangan
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
V
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
ukti Fisik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
V
Tahap ke-2
Tahap ke-1
ompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
ompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
Komponen
Indikator
Sarana Madrasah sudah memadai
Madrasah dalam kondisi terpelihara dan baik
Madrasah sudah memadai
Bukti-Bukti Fisik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Madrasah sudah memadai
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Madrasah sudah memadai
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
dalam kondisi terpelihara dan baik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
dalam kondisi terpelihara dan baik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
PENGELOLAAN
Indikator
Madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak
Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar
Madrasah
pengelolaan Madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
pengelolaan Madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Madrasah mencantum tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasiakan dengan baik.
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
V
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Madrasah mencantum tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasiakan dengan baik.
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Rencana Pengembangan Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
n
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
engumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
engumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
engembangan
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
asyarakat mengambil bagian dalam kehidupan Madrasah
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
asyarakat mengambil bagian dalam kehidupan Madrasah
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
STANDAR
PEMBIAYAAN
Komponen
Indikator
Madrasah merencanakan keuangan sesuai standar
Upaya Madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya
Madrasah menjamin kesetaraan akses
merencanakan keuangan sesuai standar
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
merencanakan keuangan sesuai standar
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
merencanakan keuangan sesuai standar
k
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
merencanakan keuangan sesuai standar
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
menjamin kesetaraan akses
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
menjamin kesetaraan akses
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
STANDAR
PENILAIAN PENDIDIKAN
Komponen
Indikator
Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
Penilaian berdampak pada proses belajar
Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka
ENILAIAN PENDIDIKAN
penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
rangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
rangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka
ukti Fisik
Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik
Tahap ke-4
Tahap ke-3
Tahap ke-2
Tahap ke-1
14 Sep 2012
Contoh EDM
SK Tim Pengembang Kurikulum Madrasah
Notulan Rapat
Perlu mengembangkan mata pelajaran estetika pada dokumen KTSP.
Bimbingan konseling perlu dimaksimalkan
Dokumen Kurikulum KTSP
Madrasah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
Madrasah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.
Madrasah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.
Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar
Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.
STANDAR
Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.
Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.
Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.
Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.
Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
Madrasah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.
Madrasah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.
0 komentar:
Posting Komentar