14 Sep 2012

Contoh EDM


 

Contoh Evaluasi Diri Madrasah


 

  1. STANDAR ISI

Komponen

 

Indikator

 

  1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan

  1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP.
  2. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
  3. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.
  1. Madrasah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

  1. Madrasah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.
  2. Madrasah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.


 


 


 


 

 

  1. ISI

  1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan


  1. Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BSNP.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  • SK Tim Pengembang Kurikulum Madrasah
    • Dokumen 1 KTSP
    • Silabus, RPP, Promes
    • SK Pembagian Tugas
    • Daftar Hadir
    • Notulan Rapat


       


 

  1. Madrasah kami mengembangkan Kurikulum berdasarkan 8 muatan KTSP
  2. Madrasah kami dalam mentusun KTSP melibatkan Kepala Madrasah, Pendidik, Komite Madrasah, Ahli Pendidikan/Ahli Materi, dan Kementrian Agama Kabupaten
  3. Semua anggota Tim Pengembang Kurikulum terlibat dalam penyusunan kurikulum.
  4. Kurikulum Madrasah kami memuat 5 kelompok mata pelajaran.(Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadian, Iptek, Estetika, Penjasorkes )
  5. Madrasah mengembangkan kurikulum berdasarkan 7 prinsip pengembangan kurikululum.
  6. Madrasah melaksanakan kurikulum berdasarkan 7 prinsip pelaksanaan kurikulum.
  7. 10 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
  8. Substansi mata pelajaran IPA terpadu.
  9. Kurikulum Madrasah disusun setiap tahun.
  10. Kelas VII : 40 jam pelajaran. b. Kelas VIII : 40 jam pelajaran. c. Kelas IX : 40 jam pelajaran
  11. Jumlah jam dalam 1 tahun Kelas VII : 1323 jam pelajaran , VIII = 1323 Jam pelajaran, IX = 1008 jam pelajaran
  12. disahkan oleh Mapenda Kementerian Agama Kantor Kabupaten Kediri


 

Kelemahan :

  • Kurikulum sekolah belum disosialisasikan kepada semua pemangku kepentingan.
  • Bimbingan Konseling belum bisa terlaksana secara maksimal


 


 


 

Tahapa

n Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

v

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Kurikulum Madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP dan menjadi rujukan bagi pengembangan kurikulum Madrasah lainnya yang memiliki karakteristik yang sama.

Kurikulum Madrasah kami disusun dan dikembangkan sesuai dengan panduan BSNP.

Kurikulum Madrasah kami disusun mengikuti panduan yang disusun BSNP namun masih memerlukan pengembangan.

Kurikulum Madrasah kami belum sepenuhnya mengikuti panduan yang disusun BSNP.

Rekomendasi:

  • Perlu mengembangkan mata pelajaran estetika pada dokumen KTSP.
  • Bimbingan konseling perlu dimaksimalkan


 


 


 


 


 

  1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan

  1. Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Kurikulum Madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran yang terintegrasi dalam silabus setiap mata pelajaran serta menjadi rujukan kab/kota dalam pengembangan kurikulum lokal.

Kurikulum Madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran dalam silabus setiap mata pelajaran.

Kurikulum Madrasah kami disusun dengan mempertimbangkan usia peserta didik dan kebutuhan pembelajaran.

Kurikulum Madrasah kami disusun belum mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

  1. Kurikulum sudah sesuai dan relevan

  1. Kurikulum telah menunjukan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Struktur kurikulum Madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan yang sistematis untuk setiap peserta didik.

Struktur kurikulum Madrasah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan.

Struktur kurikulum Madrasah kami kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, sedangkan program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan.

Struktur kurikulum Madrasah kami tidak mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya, serta program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Madrasah

    menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

  1. Madrasah menyediakan layanan bimbingan dan konseling untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

Madrasah kami menyediakan layanan dan bimbingan secara teratur dan berkesinambungan dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi setiap peserta didik, baik yang terprogram dengan jelas maupun berdasarkan kasus per kasus sesuai kebutuhan peserta didik.

Madrasah kami memberikan bimbingan secara teratur dan berkesinambu-ngan serta menawarkan pelayanan konseling dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Madrasah kami masih sangat terbatas dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling yang memadai dalam memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Madrasah kami belum mampu memberikan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 

  1. Madrasah

    menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik

  1. Madrasah menyediakan kegiatan ekstra kurikuler untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik


 


 


 


 


 

 

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

Madrasah kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan dengan minat setiap peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam pengembangan ekstra- kurikulernya.

Madrasah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik yang sesuai dengan minat sebagian besar peserta didik.

Madrasah kami menyediakan kegiatan ekstra-kurikuler tetapi belum mengakomodir semua kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik.

Madrasah kami belum mampu memberikan kegiatan ekstra-kurikuler bagi peserta didik.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. STANDAR

    PROSES

Komponen

Indikator

  1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar
  1. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.
  2. Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.
  1. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
  1. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.
  2. RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
  1. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
  1. Siswa dapat mengakses buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah.
  2. Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
  1. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan m

    emotivasi peserta didik

  1. Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
  2. Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.
  1. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan
  1. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.
  2. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas.


 

  1. PROSES
  1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar
  1. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL), dan panduan KTSP.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  • Dokumen Kurikulum KTSP
    • Silabus untuk kelompok mata pelajaran Umum program IPA dan IPS
    • Notulen

Kekuatan :

  1. Silabus di sekolah sesuai dengan Strandar Isi.
  2. Silabus di sekolah kami sesuai dengan Strandar Kompetensi Lulusan.
  3. Silabus di sekolah kami sesuai dengan Panduan Kurikulum.
  4. Silabus di sekolah kami memuat semua komponen silabus.
  5. Silabus di sekolah kami dikembangkan untuk setiap mata pelajaran termasuk muatan lokal.

Kelemahan :

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

v

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP serta telah mempertimbangkan situasi dan kondisi Madrasah.

Silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.

Sebagian silabus kami telah sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.

Silabus kami belum sesuai dengan SI, SKL, dan panduan KTSP.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Silabus sudah sesuai/relevan dengan standar

  1. Pengembangan Silabus dilakukan guru secara mandiri atau berkelompok.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  • Silabus kelompok mata pelajaran Umum, IPA dan IPS serta Mulok


Kekuatan :

  1. Semua guru menyusun silabus secara mandiri.
  2. Semua guru memiliki silabus untuk semua mata pelajaran yang diampu.

Kelemahan :

  1. Belum semua guru mereviu silabus setiap tahun.

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

v

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri yang berdampak pada peningkatan mutu peserta didik.

Silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.

Sebagian silabus kami telah dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.

Silabus kami belum dikaji dan dikembangkan secara teratur oleh guru secara mandiri atau berkelompok.

Rekomendasi:

Madrasah perlu memfasilitasi dan memotivasi guru mereviu silabus setiap tahun


 


 


 


 


 


 

  1. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik

  1. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun berdasarkan pada prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dan direview secara berkala untuk memastikan dampaknya pada peningkatan hasil belajar peserta didik.

RPP disusun oleh setiap guru untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.

Sebagian guru menyusun RPP sendiri untuk setiap kompetensi dasar berdasarkan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran.

Guru tidak menyusun RPP sendiri.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik
  1. RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Taha

pan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik serta direview oleh para ahli.

RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, Tahap intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.

RPP memperhatikan perbedaan gender, kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya.

RPP tidak memperhatikan perbedaan individual peserta didik.

Rekomendasi:


 


 


 


 

  1. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
  1. Siswa dapat mengakses buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran dengan mudah

Bukti

-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

 


 

Kelemahan :

Buku Pegangan siswa 1 : 15

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Siswa Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan Madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar Madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta dapat mengakses Buku Madrasah Elektrnik (BSE) dan materi lain dari e-library Madrasah

Siswa Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dibeli sendiri dan berbagai materi yang tersedia di perpustakaan Madrasah dengan mudah untuk dipinjam dan dipakai di luar Madrasah dalam kurun waktu tidak lebih dari satu minggu dan dapat diperpanjang, serta dapat mengakses Buku Madrasah Elektrnik (BSE).

Siswa Madrasah kami menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri dan beberapa buku teks yang tersedia di perpustakaan Madrasah selama pelajaran berlangsung.

Siswa Madrasah kami hanya menggunakan sumber belajar yang dimiliki sendiri.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

  1. Sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat
  1. Guru menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis sumber dan media pembelajaran di Madrasah serta memanfaatkan tempat belajar lain di luar Madrasah dengan melibatkan siswa.

Guru-guru kami menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi, dan sumber belajar lain selain buku pelajaran secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.

Guru-guru kami sudah menggunakan sumber belajar lainnya selain buku pelajaran, namun hanya pada mata pelajaran tertentu.

Guru-guru kami sepenuhnya hanya bergantung pada buku-buku pelajaran saja dalam melakukan proses pembelajaran.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif, menantang dan memotivasi peserta didik
  1. Para guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan yang rencana pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya serta dijadikan acuan bagi guru-guru di Madrasah lainnya.

Guru-guru kami melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya.

Sebagian guru-guru kami sudah konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan dan menantang sesuai dengan RPP yang disusunnya.

Guru-guru kami belum konsisten melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPP yang disusunnya.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

  1. Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, kreatif,

    menantang dan memotivasi peserta didik

  1. Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengemban

gan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Guru-guru kami tidak hanya memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran tetapi juga di luar proses pembelajaran.

Guru-guru kami memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.

Guru-guru kami belum sepenuhnya konsisten memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.

Guru-guru kami belum memberikan kesempatan pada peserta didik untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi di setiap proses pembelajaran.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

  1. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan
  1. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan pada setiap tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.

Bukti

-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Proses pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran termasuk program tindak lanjut.

Proses pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.

Proses pembelajaran di Madrasah kami disupervisi dan dievaluasi hanya pada tahapan tertentu saja.

Proses pembelajaran di Madrasah kami tidak disupervisi dan dievaluasi mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian hasil pembelajaran.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Supervisi dan Evaluasi Proses Pembelajaran dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan

  1. Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Penge

mbangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah, teman sejawat dan Pengawas serta melibatkan peserta didik.

Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala dan berkelanjutan oleh Kepala Madrasah dan Pengawas.

Supervisi dan evaluasi proses pembelajaran dilakukan secara berkala oleh kepala Madrasah dan pengawas tetapi tidak ditindaklanjuti.

Supervisi dan Evaluasi proses pembelajaran hanya dilakukan oleh pengawas.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. STANDAR

KOMPETENSI LULUSAN

Komponen

Indikator

  1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan

  1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.
  2. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.
  3. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.
  1. Peserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

  1. Madrasah mengembangkan kepribadian peserta didik.
  2. Madrasah mengembangkan keterampilan hidup.
  3. Madrasah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. KOMPETENSI LULUSAN
  1. Peserta didik dapat mencapai target akademi

    s yang diharapkan

  1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan SKL.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik melebihi standar kompetensi kelulusan, percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi dalam berprestasi.

Peserta didik memperlihatkan kemajuan yang lebih baik dalam mencapai target yang ditetapkan dalam SKL.

Peserta didik memperlihatkan prestasi belajar yang lebih baik, namun tidak konsisten.

Hasil belajar peserta didik masih di bawah SKL.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
  1. Peserta didik memperlihatkan kemajuan sebagai pembelajar yang mandiri.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

V

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Peserta didik kami mengembangkan keterampilan berpikir logis, kritis, dan analititis serta mengembangkan kreatifitas mereka.

Peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri.

Sebagian peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri.

Peserta didik kami belum mampu menjadi pembelajar yang mandiri.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 

 

  1. Peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan
  1. Peserta didik memperlihatkan motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan P

engembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi, serta mampu mengekspresikan diri dalam mengungkapkan pendapat mereka dengan jelas dan santun.

Peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

Sebagian peserta didik kami memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

Peserta didik belum memiliki motivasi belajar dan rasa percaya diri yang tinggi.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 

  1. P

    eserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

  1. Madrasah mengembangkan kepribadian peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

 

Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan di Madrasah dan di tengah masyarakat luas. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan melakukan berbagai jenis kegiatan untuk keberhasilan pribadi dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah dan di tengah masyarakat luas, serta memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain.

Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah dan di tengah masyarakat luas, akan tetapi mereka belum terlalu memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain.

Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di Madrasah.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. P

    eserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

  1. Madrasah mengembangkan keterampilan hidup.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

V

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

 

Potensi dan minat peserta didik kami telah berkembang secara penuh melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan serta memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika selain keterampilan.

Madrasah kami menyediakan beragam kegiatan dan program keterampilan hidup sebagai bekal kehidupan di tengah-tengah masyarakat.

Madrasah kami menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan minat peserta didik.

Madrasah kami hanya menyediakan program pembelajaran yang terbatas dan belum bisa mengembangkan keterampilan lain yang dapat menjamin pencapaian potensi mereka secara penuh.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. P

    eserta didik dapat mengembangkan potensi penuh mereka sebagai anggota masyarakat

  1. Madrasah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

V

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Peserta didik memahami dan menerapkan ajaran agama dan nilai-nilai budaya dalam kehidupan mereka sehari-hari secara konsisten baik di Madrasah maupun di tengah-tengah masyarakat.

Peserta didik kami memahami ajaran agama dan nilai-nilai budaya serta mampu menerapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Peserta didik kami memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah mulai berusaha menerapkan dalam kehidupan sehari hari.

Peserta didik kami memiliki pengetahuan agama yang terbatas dan belum mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

 

  1. STANDAR

PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

Komponen

 

Indikator

 

  1. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

  1. Jumlah pendidik memenuhi standar.
  2. Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.
  1. Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

  1. Kualifikasi pendidik memenuhi standar
  2. Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar
  1. Kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

  1. Kompetensi pendidik memenuhi standar
  2. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standard


 


 


 


 


 


 


 


 

 

  1. PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

  1. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
  1. Jumlah pendidik memenuhi standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan P

engembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Jumlah pendidik di Madrasah kami sangat memadai untuk memberikan layanan pembelajaran dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

Jumlah pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan

Jumlah pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Jumlah pendidik di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Pemenuhan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai
  1. Jumlah tenaga kependidikan memenuhi standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

V

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami memiliki tenaga kependidikan dengan jumlah yang sangat memadai untuk memberikan layanan pendidikan dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

Madrasah kami memiliki jumlah tenaga kependidikan yang memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Jumlah tenaga kependidikan di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Jumlah tenaga kependidikan di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

  1. Kualifikasi pendidik memenuhi standar.

Bukti-B

ukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami memiliki pendidik dengan kualifikasi yang sangat memadai dari standar yang ditentukan untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

Kualifikasi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Kualifikasi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan.

Kualifikasi pendidik di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 

  1. Kualifikasi

    pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

  1. Kualifikasi tenaga kependidikan memenuhi standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

V

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

Madrasah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kualifikasi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

Kualifikasi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Kualifikasi tenaga kependidikan di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Kualifikasi tenaga kependidikan di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

 

  1. K

    ompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

  1. Kompetensi pendidik memenuhi standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami memiliki pendidik dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

Kompetensi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Kompetensi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Kompetensi pendidik di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. K

    ompetensi pendidik dan tenaga kependidikan sudah memadai

  1. Kompetensi tenaga kependidikan memenuhi standar

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami memiliki tenaga kependidikan dengan kompetensi yang sangat memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.

Kompetensi pendidik di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan standar yang ditetapkan, termasuk untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar.

Kompetensi tenaga kependidikan di Madrasah kami sudah memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Kompetensi tenaga kependidikan di Madrasah kami belum memadai sesuai dengan syarat minimal yang ditentukan

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. STANDAR

SARANA DAN PRASARANA

 

Komponen

Indikator

  1. Sarana Madrasah sudah memadai


 

  1. Madrasah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
  2. Madrasah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.
  3. Madrasah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.
  1. Madrasah dalam kondisi terpelihara dan baik

  1. Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar
  2. Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.


 

 


 

  1. SARANA DAN PRASARANA
  1. Sarana

    Madrasah sudah memadai

  1. Madrasah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

2

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

Madrasah kami memiliki bangunan gedung yang ukuran, ventilasi, dan kelengkapan lainnya melebihi ketentuan dalam SNP.

Madrasah kami memenuhi SNP terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

Madrasah kami memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

Madrasah kami belum memenuhi SPM terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

  1. Sarana

    Madrasah sudah memadai

  1. Madrasah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

 

Jumlah peserta didik di dalam rombongan belajar kami lebih kecil dari yang ditetapkan dalam SNP, agar dapat lebih meningkatkan mutu proses pembelajaran.

Madrasah kami memenuhi SNP dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.

Madrasah kami memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.

Madrasah kami belum memenuhi SPM dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 

  1. Sarana

    Madrasah sudah memadai

  1. Madrasah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami memiliki alat dan sumber belajar yang melebihi dari ketetapan dalam SNP yang digunakan untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran.

Madrasah kami memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SNP.

Madrasah kami memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM.

Madrasah kami belum memiliki dan menggunakan alat serta sumber belajar sesuai dengan SPM.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Madrasah

    dalam kondisi terpelihara dan baik

  1. Pemeliharaan bangunan dilaksanakan secara berkala sesuai dengan persyaratan standar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami dilaksanakan secara rutin melebihi waktu yang ditetapkan dalam SNP dan catatan pemeliharaan terekam dengan baik.

Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami dilaksanakan secara berkala sesuai dengan SNP.

Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami baru melakukan pemeliharaan rutin seperti kebersihan ruangan.

Pemeliharaan bangunan di Madrasah kami tidak dilaksanakan secara rutin. Sebagian gedung Madrasah kami di bawah standar, harus diperbaiki dan dibersihkan atau diganti.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Madrasah

    dalam kondisi terpelihara dan baik

  1. Bangunan aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Setiap orang yang datang ke Madrasah kami, selain warga Madrasah termasuk yang berkebutuhan khusus, dapat merasakan keamanan dan kenyamanan dalam setiap bangunan yang ada.

Bangunan di Madrasah kami aman dan nyaman untuk semua peserta didik dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Bangunan yang ada di Madrasah kami aman bagi peserta didik namun masih belum nyaman dan memberi kemudahan bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Sebagian bangunan di Madrasah kami masih belum memenuhi standar keamanan dan kenyamanan bagi peserta didik, termasuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

Rekomendasi:


 


 


 


 

  1. STANDAR


    PENGELOLAAN

Komponen

Indikator

  1. Kinerja pengelolaan

    Madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak

  1. Madrasah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga Madrasah dan pemangku kepentingan.
  2. Pengelolaan Madrasah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
  1. Rencana kerja memiliki tujuan yang jelas dan perbaikan berkelanjutan
  1. Madrasah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.
  2. Madrasah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga Madrasah dan pihak-pihak yang berkepentingan.
  1. Rencana Pengembangan

    Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar

  1. Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran Madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)
  2. Madrasah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja Madrasah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar
  3. Madrasah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar
  1. Pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid
  1. Madrasah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan
  2. Madrasah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses
  1. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan
  1. Madrasah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan
  2. Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional
  1. Masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan

    Madrasah

  1. Warga Madrasah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis.
  2. Madrasah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis.


 

  1. PENGELOLAAN
  1. Kinerja

    pengelolaan Madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak

  1. Madrasah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga Madrasah dan pemangku kepentingan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan secara buttom-up dan tersosialisikan kepada seluruh pemangku kepentingan serta direview secara berkala sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan Madrasah.

Madrasah kami memiliki visi dan misi yang dirumuskan buttom-up dari seluruh warga Madrasah dan tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan.

Madrasah kami memiliki visi dan misi namun belum dirumuskan secara secara bersama dan belum tersosialisasikan di seluruh warga Madrasah.

Madrasah kami belum memiliki visi dan misi yang jelas yang dirumuskan bersama oleh warga Madrasah.

Rekomendasi:


 


 


 


 

  1. pengelolaan Madrasah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak

  1. Pengelolaan Madrasah menunjukkan adanya kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel serta mampu memunculkan potensi warga Madrasah untuk turut serta mengembangkan pengelolaan Madrasah.

Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah secara mandiri, kemitraan, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel,

Madrasah kami mendorong kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah namun prosesnya belum sepenuhnya dilaksanakan secara mandiri, partisipatif, kolaboratif dan akuntabel

Madrasah kami belum mengembangkan pola kemandirian dan kemitraan dengan semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan Madrasah.

Rekomendasi:


 


 


 


 

 

  1. Rencana kerja

    Madrasah mencantum tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasiakan dengan baik.

  1. Madrasah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

V

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi Madrasah dalam bentuk dokumen renstra dan RKS, yang berbasis analisis EDS/M dan di update secara berkala.

Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKS yang berbasis hasil analisis EDS/M.

Madrasah kami memiliki rencana kerja yang dirumuskan dari tujuan berdasarkan visi dan misi Madrasah dalam bentuk renstra maupun RKS.

Madrasah kami memiliki dokumen rencana kerja tahunan namun belum memiliki renstra.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Rencana kerja

    Madrasah mencantum tujuan yang jelas untuk program peningkatan dan perbaikan berkelanjutan yang tersosialisasiakan dengan baik.

  1. Madrasah mensosialisasikan rencana kerja yang berbasis tujuan untuk peningkatan dan perbaikan berkelanjutan kepada warga Madrasah dan pihak-pihak yang berkepentingan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

 


 


 


 


 


 


 


 


 

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami sudah mensosialisa sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder Madrasah dalam berbagai kesempatan dan on-line di situs Madrasah.

Madrasah kami sudah mensosialisa sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder Madrasah dalam rapat dinas.

Madrasah kami sudah mensosialisa sikan dokumen rencana kerja namun hanya kepada pihak-pihak terbatas saja, misalnya kepada dinas pendidikan atau ketua yayasan.

Madrasah kami belum mensosialisa sikan dokumen rencana kerja kepada semua stakeholder Madrasah.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Rencana Pengembangan Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar

  1. Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran Madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah (renstra)

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembanga

n

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Rencana kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite Madrasah dan sudah tersosialisasi secara luas kepada seluruh pemangku kepentingan.

Rencana kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan telah mendapatkan persetujuan dari komite Madrasah namun belum tersosialisasi secara menyeluruh ke semua pemangku kepentingan.

Rencana kerja tahunan Madrasah disusun berdasarkan rencana kerja menengah mengacu pada Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian namun tidak dalam bentuk dokumen yang mudah diakses oleh pihak terkait dan sosialisasinya masih sebatas dalam lingkup internal Madrasah.

Madrasah belum memiliki Rencana kerja tahunan Madrasah dalam bentuk dokumen yang mudah diakses dan sesuai dengan Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses dan Standar Penilaian.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

  1. Rencana Pengembangan

    Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar

  1. Madrasah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja Madrasah secara berkelanjutan untuk melihat dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami melakukan evaluasi diri dan mengkomunikasikan rencana pengembangan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan dinas pendidikan dan para pemangku kepentingan.

Madrasah kami melakukan evaluasi diri untuk melihat dampak dari rencana pengembangan Madrasah terhadap peningkatan hasil belajar.

Madrasah kami melakukan evaluasi diri namun baru dilakukan sebatas tim pengembang Madrasah dan belum melibatkan warga Madrasah.

Madrasah kami belum melakukan evaluasi diri secara berkala dan berkelanjutan.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

 

  1. Rencana Pengembangan

    Madrasah/Rencana Kerja Madrasah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar

  1. Madrasah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi diri dengan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri serta disesuaikan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.

Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah yang didasarkan pada hasil evaluasi diri dan memfokuskan pada peningkatan hasil belajar.

Madrasah kami menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah namun belum didasarkan pada hasil evaluasi diri Madrasah.

Madrasah kami belum mampu menetapkan prioritas perbaikan/ pengembangan Madrasah kearah peningkatan hasil belajar.

Rekomendasi:


 


 


 


 

 

  1. P

    engumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid

  1. Madrasah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif, efisien, dan akuntabel serta tersosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan dan terkoneksi secara online pada website Madrasah.

Madrasah kami memiliki sistem pengelolaan data berbasis ICT dengan cara yang efektif, efisien dan akuntabel dan sudah tersosialisaikan kepada seluruh pemangku kepentingan.

Pengelolaan data di Madrasah kami berbasis ICT namun masih menggunakan program office yang sederhana dan belum berbasis website.

Pengelolaan data di Madrasah kami belum berbasis ICT sehingga belum efektif dan efisien.


 


 

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. P

    engumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid

  1. Madrasah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan P

engembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga Madrasah dan pihak yang berkepentingan serta mudah diakses secara online melalui website Madrasah.

Madrasah kami menyediakan akses informasi dengan data yang terbaru bagi warga Madrasah dan pihak yang berkepentingan.

Madrasah kami menyediakan akses informasi untuk warga Madrasah namun belum ditunjang oleh sistem pembaharuan data.

Madrasah kami belum menyediakan akses informasi yang mudah bagi warga Madrasah.


 

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

  1. Pemberian

    dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan

  1. Madrasah meningkatkan keefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya secara berkelanjutan untuk meningkatkan efektifitas kinerja.

Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan serta senantiasa melaksanakan pengembangan profesinya.

Madrasah kami memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan.

Madrasah kami kurang memperhatikan hasil kerja setiap pendidik dan tenaga kependidikan.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Pemberian dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan

  1. Supervisi dan evaluasi pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional serta menyusun program perbaikan dan peningkatan yang berkelanjutan.

Madrasah kami senantiasa melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan baik kinerja pelaksanaan tugas maupun kesesuaian dengan standar nasional.

Madrasah kami melakukan supervisi dan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan namun belum terprogram dengan baik.

Madrasah kami belum melakukan evaluasi atas pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan secara berkala.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

  1. asyarakat mengambil bagian dalam kehidupan Madrasah

  1. Warga Madrasah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Warga Madrasah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis serta kegiatan pengembangan Madrasah pada umumnya.

Warga Madrasah kami terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis.

Warga Madrasah terlibat langsung hanya pada kegiatan akademis.

Warga Madrasah kami belum terlibat langsung dalam pengelolaan kegiatan akademis dan non akademis.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. M

    asyarakat mengambil bagian dalam kehidupan Madrasah

  1. Madrasah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis dan memberikan kesempatan untuk berkreasi.

Madrasah kami melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis.

Madrasah kurang melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis.

Madrasah kami sama sekali tidak melibatkan masyarakat dalam pengelolaan non akademis.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 

  1. STANDAR

PEMBIAYAAN

Komponen

 

Indikator

 

  1. Madrasah merencanakan keuangan sesuai standar

  1. Anggaran Madrasah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota
  2. Perumusan RAPBS melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan
  3. Penyusunan rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel.
  4. Madrasah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.
  1. Upaya Madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

  1. Madrasah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri
  2. Madrasah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.
  3. Madrasah memelihara hubungan dengan alumni.
  1. Madrasah menjamin kesetaraan akses

  1. Madrasah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.
  2. Madrasah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi


 


 

 

  1. PEMBIAYAAN
  1. Madrasah

    merencanakan keuangan sesuai standar

  1. Anggaran Madrasah dirumuskan merujuk Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah dengan melibatkan partisipasi komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang terkait.

Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBS) merujuk pada Peraturan Pemerintah dan dikomunikasikan kepada komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang terkait.

Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBS) merujuk pada Peraturan Pemerintah.

Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja Madrasah (RAPBS) belum sepenuhnya merujuk pada Peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota.

Rekomendasi:


 


 

 

  1. Madrasah

    merencanakan keuangan sesuai standar

  1. Perumusan RAPBS melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Perumusan RAPBS melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan serta Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Perumusan RAPBS melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan

Perumusan RAPBS melibatkan Komite Madrasah dan belum melibatkan pemangku kepentingan yang relevan

Perumusan RAPBS belum melibatkan Komite Madrasah dan pemangku kepentingan yang relevan

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 

 

  1. Madrasah

    merencanakan keuangan sesuai standar

  1. Penyusunan rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien, dan akuntabel.

Bukti-Bukti Fisi

k

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Penyusunan rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel kepada masyarakat dan Pemerintah.

Penyusunan rencana keuangan Madrasah dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel.

Penyusunan rencana keuangan Madrasah sudah berusaha dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel.

Penyusunan rencana keuangan Madrasah belum dilakukan secara transparan, efisien dan akuntabel.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 

 

  1. Madrasah

    merencanakan keuangan sesuai standar

  1. Madrasah membuat pelaporan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara berkala dan menyeluruh kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara periodik kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

Madrasah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan.

Madrasah belum membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada Pemerintah dan pemangku kepentingan.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. Upaya

    Madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

  1. Madrasah memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami kreatif menggali berbagai sumber untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Madrasah kami mendapatkan pembiayaan tambahan melalui pemanfaatan sarana dan prasarana Madrasah.

Kami berencana untuk memperluas penggunaan sumber daya dan pra-sarana Madrasah untuk mendapatkan pembiaya-an tambahan tetapi kami belum mengimplemen-tasikannya.

Kami belum mempertimbangkan penggunaan sumber daya atau prasarana Madrasah untuk mencari sumber pembiayaan tambahan.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

 

  1. Upaya

    Madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

  1. Madrasah membangun jaringan kerja dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri setempat.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Kami telah membangun jaringan kerja yang kuat dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat setempat yang membantu Madrasah kami dalam hal pembiayaan.

Kami telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat, khususnya orangtua yang mampu untuk membantu Madrasah kami.

Hubungan kami dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan kelompok masyarakat harus dikembangkan lebih lanjut agar mendapatkan bantuan keuangan dari mereka.

Kami belum memiliki hubungan yang kuat dengan dunia usaha dan dunia industri setempat.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. Upaya

    Madrasah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya

  1. Madrasah memelihara hubungan dengan alumni.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Kami memelihara hubungan dengan alumni kami dan memberdayakan mereka sebagai sumber pendanaan dan bantuan lainnya.

Kami memelihara hubungan dengan alumni dan mereka membantu upaya kami walaupun bukan dalam hal pembiayaan.

Kami menyimpan catatan alumni dan sebagian dari mereka membantu Madrasah tetapi bukan dalam hal pembiayaan

Kami belum menyimpan catatan alumni Madrasah kami.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Madrasah

    menjamin kesetaraan akses

  1. Madrasah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

Madrasah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus dan mempromosikan kesetaraan akses bagi semua peserta didik.

Madrasah melayani siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi termasuk siswa dengan kebutuhan khusus.

Madrasah mampu melayani siswa dari tingkatan sosial ekonomi namun belum dapat melayani siswa yang berkebutuhan khusus.

Madrasah belum mampu melayani semua siswa dari berbagai tingkatan sosial ekonomi.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. Madrasah

    menjamin kesetaraan akses

  1. Madrasah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Kami mematuhi standar mengenai biaya sumbangan orangtua dan subsidi silang pembiayaan dan juga memiliki alokasi khusus untuk memberikan tempat bagi anak yang sangat miskin dengan mencari sumber dana lainnya.

Kami merumuskan besarnya sumbangan orangtua berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua dan menerapkan prinsip subsidi silang.

Sumbangan orangtua dirumuskan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik, tetapi Madrasah tidak menerapkan subsidi silang dalam membiayai program kegiatan peserta didik.

Sumbangan orangtua dan biaya kegiatan Madrasah lainnya ditentukan sama untuk semua peserta didik dengan tidak mempertimbangkan kemampuan ekonomi orangtua.

Rekomendasi:


 


 


 


 

  1. STANDAR

PENILAIAN PENDIDIKAN

Komponen

Indikator

  1. Sistem penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik

  1. Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.
  2. Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
  3. Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.
  4. Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik. 
  1. Penilaian berdampak pada proses belajar

  1. Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.
  2. Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
  1. Orangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka

  1. Madrasah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.
  2. Madrasah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.


 

 

  1. P

    ENILAIAN PENDIDIKAN

  1. Sistem

    penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik

  1. Guru menyusun perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Guru-guru kami menyusun rencana penilaian terhadap hasil belajar peserta didik terhadap pencapaian kompetensi yang diharapkan dan diinformasikan kepada peserta didik sehingga setiap peserta didik memahami target kompetensi yang harus dicapai.

Guru-guru kami menyusun dan mengembangkan perencanaan penilaian untuk mencapai kompetensi peserta didik.

Sebagian Guru-guru kami menyusun perencanaan penilaian berdasarkan kompetensi dasar dan standar kompetensi.

Guru-guru kami melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik tanpa membuat perencanaan penilaian yang jelas terlebih dahulu.

Rekomendasi:


 


 


 


 

 

  1. Sistem

    penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik

  1. Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Guru-guru kami menginformasikan silabus mata pelajaran yang didalam-nya memuat rancangan dan kriteria penilaian termasuk KKM dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, mata pelajaran dan kondisi Madrasah pada awal semester.

Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk KKM yang disusun.

Guru-guru kami memberikan informasi kepada peserta didik hanya KKM saja diawal semester.

Guru-guru kami tidak memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian, termasuk KKM.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

  1. Sistem

    penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik

  1. Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Guru-guru kami menggunakan berbagai jenis metode untuk menilai kemajuan belajar peserta didik secara berkelanjutan dan mengembangkannya berdasarkan rencana yang telah dibuat sesuai dengan perkembangan peserta didiknya.

Guru-guru kami selalu melaksanakan penilaian dan memantau kemajuan belajar peserta didik secara berkala sesuai dengan rencana yang telah dibuat pada silabus dan RPP.

Guru-guru kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar tidak sesuai dengan rencana penilaian yang telah disusun.

Guru-guru kami tidak menilai atau memonitor kemajuan peserta didik sesuai rencana.

Rekomendasi:


 


 


 


 

  1. Sistem

    penilaian disusun untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun nonakademik

  1. Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Guru-guru kami membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian serta direview secara berkala.

Guru-guru kami menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian sesuai dengan target kompetensi yang ingin diukur.

Guru-guru kami hanya menerapkan teknik, bentuk, dan jenis penilaian tertentu untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik.

Guru-guru kami hanya menerapkan satu teknik, bentuk dan jenis penilaian.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

  1. Penilaian berdampak pada proses belajar
  1. Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Semua guru kami secara rutin mencatat kemajuan setiap peserta didik memberi komentar dan masukan serta menginformasikanya kepada peserta didik secara individual dan berkala.

Guru-guru kami mengkaji ulang tingkat kemajuan semua peserta didik pada setiap akhir semester.

Setiap guru menyampaikan hasil Evaluasi mata pelajaran serta hasil penilaian setiap peserta didik kepada Kepala Madrasah pada akhir semester dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik.

Guru tidak selalu memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. Penilaian berdampak pada proses belajar
  1. Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

Tahap ke-1

 

Guru-guru kami memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk memberikan pendapat terhadap hasil pencapaian kemajuan belajar yang mereka peroleh dan terlibat dalam penetapan target pembelajaran. 

Guru-guru kami selalu menggunakan hasil penilaian peserta didik dalam mereview rencana pembelajaran yang telah disusun.

Hasil tes digunakan sebagian guru-guru kami untuk merencanakan perbaikan bahan pembelajaran selanjutnya.

Hasil tes di Madrasah kami tidak selalu berpengaruh pada perbaikan program pembelajaran yang telah disusun.

Rekomendasi:


 


 


 


 

 

  1. O

    rangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka

  1. Madrasah melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orangtua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.

Bukti-Bukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami menyampaikan laporan semua hasil penilaian peserta didik kepada orangtua dan mendiskusikannya secara mendetail untuk masing-masing peserta didik secara berkala sesuai dengan kesepakatan

Madrasah kami menyampaikan laporan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk laporan pendidikan.

Madrasah kami membuat laporan hasil penilaian kepada orangtua secara rutin dan sistematis dalam bentuk laporan pendidikan.

Madrasah kami membuat laporan kepada orangtua berupa hasil penilaian akhir di setiap akhir semester.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 


 

 

  1. O

    rangtua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka

  1. Madrasah melibatkan orangtua peserta didik dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.

Bukti-B

ukti Fisik

Ringkasan Deskripsi Indikator Berdasarkan Bukti Fisik

  

Tahapan Pengembangan

 

Tahap ke-4

 

Tahap ke-3

 

 

Tahap ke-2

 

 

Tahap ke-1

 

Madrasah kami membuat laporan berkala pada orangtua mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik dan menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan kemajuan anak mereka serta mengajukan usulan-usulan peningkatan hasil belajar peserta didik.

Madrasah kami menjalin kemitraan dengan orangtua dalam meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa.

Madrasah kami belum memberi kesempatan berdiskusi untuk membangun kerja sama dengan orangtua agar membantu anak mereka belajar di rumah.

Madrasah kami belum melibatkan orangtua secara aktif dalam membantu anak mereka belajar di rumah.

Rekomendasi:


 


 


 


 


 

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More